PENGEMBANGAN PENDIDIKAN

Dalam konteks keindonesiaan, pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran agar peserta secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, bangsa dan negara.
Karena itu,pendidikan tidak bisa lagi diartikan sekadar sebagai transfer ilmu pengetahuan, atau dan pemberian ketrampilan semata. Pendidikan lebih  bersifat proses transformasi dalam berbagai dimensinya yang dapat mengantarkan peserta didik menyadari diri mereka sebagai manusia seutuhnya dan mengaktualisasikan fakultas-fakultas kedirian itu secara kreatif, kritis, dan bertanggung jawab.
Pendidikan perlu dikembangkan menjadi wahana yang mengantarkan manusia –meminjam ungkapan Fazlur Rahman –sebagai human as individual dan human in society.
Sebagai individual, manusia harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan potensi diri dan alam secara arif, kreatif, dan kritis. Pada saat yang sama, ia harus menjadi manusia dalam masyarakat yang memiliki kapabalitas untuk merajut solidaritas, dan kerjasama membangun kehidupan ideal yang merepresentasikan kesejahteraan individual dan sosial, serta kesejahteraan umat manusia lahir dan batin.
Untuk pengembangan pendidikan tersebut, rekonstruksi, reformulasi, pembenahan atau sejenisnya perlu mendapat prioritas utama. Pendidikan dialektis Platon hingga pendidikan karakter yang saat ini sering diwacanakan mesti ditoleh untuk menjadi bagian dalam pengembangan pendidikan. Demikian pula pendekatan holistik terhadap ilmu pengetahuan, sangat urgen untuk diapresiasi secara kritis.
Semua itu perlu menjadi bahan untuk pengembangan dengan harapan lembaga pendidikan menjadi tempat di mana peserta didik benar-benar at home berada dalam proses, kondisi dan suasana yang ia jalani. Di saat yang sama, ia terpacu untuk menggapai dan membumikan segala bentuk dan nuansa kebaikan dan kebenaran pendidikan.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, komentar dan saran anda sangat saya hargai demi perkembangan blog ini.