MANFAAT BAHAN BAKU LARUTAN TELUR CUKA

Bahan baku yang digunakan untuk membuat Larutan Telur Cuka ada 3 (tiga) macam. Yaitu :

1. Telur Ayam Kampung
2. Cuka Beras Putih (Pai mi’ cu) atau cuka cina
3. Madu asli.

Sebelum membahas cara pembuatan ramuan Larutan Telur Cuka ini, ada baiknya kita mengetahui dulu manfaat dari bahan baku tersebut di atas satu persatu.

Manfaat Telur

  • Telur mengandung Zat Putih Telur, mineral dan vitamin. Zat Putih Telur terbentuk dari asam amino yang perbandingannya harus seimbang. Zat Putih Telur merupakan kebutuhan bagi tubuh manusia terutama bagi anak-anak.
  • Dalam telur mengandung 11 macam asam amino yang membentuk Zat Putih Telur. Telur juga mengandung berbagai mineral seperti : Calcium,Fosfor, Zat Besi, Kalium, Magnesium, Iodium dan berbagai mineral lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu telur juga mengandung berbagai vitamin seperti Vitamin A, B1, B2, B6, B12, dan E.
  • Para medis di Amerika dan Kanada mengemukakan bahwa dengan teratur mekan telur dapat mencegah kemunduran ingatan bagi orang lanjut usia. Sebab dalam kuning telur banyak mengandung Phossphatide. Telur juga mengandung banyak Alkali Boliose. Alkali tersebut yang dapat membuat agar organ otak tetap dapat berfungsi dengan baik.
  • Selain itu Alkali tersebut juga dapat merubah lemak dan kolesterol menjadi cairan seperti susu. Sehingga mengurangi pengendapan Lemak dan Kolesterol dalam pembuluh darah. Ini berarti mengurangi terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan mencegah penyakit jantung.
  • Vitamin E dan B, sangat berguna mencegah penyakit kanker.
  • Telur dapat dibagi menjadi 4 (empat ) bagian, yaitu; Kuning Telur, Putih Telur, Kulit Ari Telur dan Kulit Luar Telur. Dalam ilmu kedokteran tradisional Tiongkok dikatakan Putih Telur bersifat “Im” yang dapat menghilangkan pembengkakan dan panas dalam. Sedangkan kuning telur bersifat “Yang” merupakan Tonikum yang dapat menambah darah dan menguatkan badan.
  • Dikatakan juga Putih Telur sangat berguna bagi lambung, jantung, limpa, dan empedu. Kuning telur sangat berguna bagi jantung , paru-paru, limpa , lambung dan ginjal. Kulit Ari Telur (Istilah pengobatan Tiongkok disebut “ Baju Burung Hong” ) sangat berguna bagi paru-paru. Sedangkan Kulit Luar Telur mengandung banyak calcium yang sangat bermanfaat untuk mengurangi asam lambung yang berlebihan, dapat mencegah pertumbuhan tulang yang tidak normal, dan mencegah penyakit kejang-kejang.
  • Dari pengalaman yang dilakukan pada pengobatan tradisional Tiongkok, dengan resep yang terbuat dari campuran telur, dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti ; penyakit kulit, bisul bengkak, penyakit THT, penyakit mulut, penyakit mata, penyakit kandungan dan pengobatan untuk balita.
Manfaat Cuka

Dalam ilmu kodokteran ditemukan 10 khasiat :

  1. Memperlancar metabolisme tubuh sehingga dapat menghilangkan rasa capek dan kelelahan.
  2. Membantu mengeluarkan kelebihan Asam Laktat dalam cairan darah sehingga menjaga Cairan Darah dalam tubuh tetap normal. 
  3. Mencegah pengerasan pembuluh darah arteri, sebab dengan meminum cuka dapat memperlancar pengeluaran asam stearic dalam pembuluh darah, sehingga mengurangi kolesterol yang mengendap pada dinding pembuluh darah. 
  4. Mencegah tekanan darah tinggi .
  5. Mencegah penyakit hati (Liver) karena cuka dapat berfungsi sebagai penawar alcohol. 
  6. Menambah nafsu makan dan membantu pencernaan. 
  7. Menambah daya tahan tubuh, sebab cuka dapat merangsang kelancaran penyaluran hormone cortical. 
  8. Cuka juga bermanfaat bagi kecantikan, sebab cuka melancarkan metabolisme, mempunyai daya oksidasi, sehingga dapat menghilangkan flek hitam pada wajah dan jerawat. 
  9. Dapat menyembuhkan penyakit kulit (Jamur) yang terkenal dengan sebutan penyakit “ Kaki Hong Kong”. Saat ini banyak obat-obat berbagai merk yang terkenal, tapi tak ada satupun yang dapat menyembuhkan penyakit tersebut secara total. Bahkan banyak yang sampai diamputasi dikarenakan penyakitnya sudah menjadi borok yang akut. Dengan Cuka, hanya dioles pada kulit yang sakit tersebut, maka penyakit tersebut dapat sembuh dengan segera. 
  10. Mencegah keracunan makanan.
Manfaat Madu

Madu mengandung berbagai jenis gula seperti; glukosa, gula gandum dan gula tebu. Madu juga mengandung zat putih telur yang didalamnya terdapat asam amino yang dapat memperlancar metabolisme tubuh.

Madu juga mengandung berbagai macam vitamin diantaranya ; A, B1, B2, B6, B12, C, D, E, K dan P. Selain itu madu juga mengandung berbagai macam mineral seperti Fosfor, Calcium, Zat Besi, Magnesium, Kalium, Natrium, Sulfur dan sebagainya. Dan juga mengandung berbagai asam Alkali dan lemak.

Khasiat dari madu adalah :

  • Memulihkan kondisi tubuh yang lemah, cocok untuk orang yang baru sembuh dari sakit. 
  • Sangat berguna bagi organ dalam tubuh 
  • Melindungi hati (liver), dipergunakan untuk penyakit radang hati kronis, keganjilan hati dan pembengkakan hati. Berguna bagi otak, dapat juga membantu penyembuhan penyakit batuk. 
  • Madu jug berfungsi sebagai pelumas usus sehingga memperlancar pembuangan air besar. Menambah nafsu makan dan dapat menyembuhkan penyakit borok pada lambung, borok usus dan borok usus duabelas jari. 
  • Mengaktifkan organ pembentuk darah sehingga sangat berguna bagi penyakit tekanan darah rendah atau anemia. Mencegah keracunan, berguna juga untuk luka bakar dan borok karena bisul. Dapat menyembuhkan penyakit bisul-bisul dikepala.

1 comment:

  1. Nanya dong sob, cukanya kaya cuka yang suka di warung2 baso bukan?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, komentar dan saran anda sangat saya hargai demi perkembangan blog ini.