CARA MEMBUAT LARUTAN TELUR CUKA

Bahan baku yang harus disiapkan untuk membuat Larutan Telur Cuka adalah :

1. Cuka Beras Putih (Pai Mi’ Cu) atau Cuka Cina

2. Telur Ayam Kampung yang segar

3. Madu asli

Selain itu harus disiapkan juga peralatan pendukungnya seperti:

1. Sendok sup Cina. (sendok model bebek yang terbuat dari keramik) atau sejenisnya.

2. Botol ukuran sedang bertutup plastic seperti botol Cream Peanut atau yang sejenisnya

3. Sepasang bamboo tusuk sate sebagai sumpit.

Semua peralatan harus benar-benar bersih dan steril, jadi sebaiknya dibersihkan dahulu dengan air hangat dan dilap menggunakan tissu yang diberi alkohol atau cuka.

Cara membuat :

  1. Cuka Beras Putih dimasukkan ke dalam botol sebanyak 14 sendok sup cina, atau kurang lebih 150 – 180 cc.
  2. Ambil telur ayam kampung (ingat jangan telur ayam ras) yang masih segar. Cuci dulu telur tersebut sampai benar-benar bersih dan dilap dengan tissue yang diberi alcohol atau cuka agar benar-benar steril.
  3. Masukkan telur kedalam botol yang berisi cuka tadi. Botol sebaiknya bermulut besar agar telur mudah dimasukkan. Usahakan telur terendam seluruhnya dalam cairan cuka. Kemudian tutuplah botol dengan tutup plastik. Tutup botol juga harus bersih, jika masih ada karton pelapis atau perekat nya, sebaiknya dibuang dan dibersihkan dahulu. Dan jangan menggunakan tutup botol dari logam, karena logam akan bereaksi dengan cuka.
  4. Setelah ditutup dengan rapat, simpan di tempat yang aman dan biarkan selama 4 hari atau 4 x 24 jam. Kulit telur otomatis akan larut bersama air cuka. (catatan : jika menggunakan cuka beras merk lain dengan kadar asam 9 derajat, perendaman hanya 2 x 24 jam atau 2 hari)
  5. Selama perendaman, dianjurkan untuk setiap 1 x 24 jam tutup botol dibuka selama 1 menit dan bersihkan kotoran telur (ampas telur) dengan menggunakan bambu tusuk sate sebagai sumpit. Atau bisa juga menggunakan alat lain, yang penting bukan terbuat dari logam. Pembersihan ampas telur harus dilakukan dengan hati-hati,jangan sampai telur dalam botol pecah. 
  6. Jika sudah sampai 4 x 24 jam, buka tutup botol kemudian bersihkan kalau masih ada ampas telur yang tersisa. Setelah itu tusuklah telur dengan menggunakan tusuk bambu tadi. Lalu diaduk (tetap dengan tusuk bambu) sampai rata. Nah Larutan Telur Cuka sudah selesai dibuat dan siap digunakan.
Keterangan : Anda dapat membuat beberapa botol sekaligus yang penting tetap sesuai petunjuk / takaran.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, komentar dan saran anda sangat saya hargai demi perkembangan blog ini.