MONITOR

Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk menilai kemampuan grafis. Ada banyak cara untuk menggolongkan monitor. Tetapi cara yang paling sering digunakan adalah dengan melihat kemampuan dari warna yang dihasilkan monitor tersebut.


Teknologi Monitor:
Pilihan yang tersedia adalah CRT, LCD dan LED. Jenis CRT tersedia pilihan layar datar, semi flat atau standar (cembung).


LED (Light Emiting Dioda) :
-Kualitas warna gambar lebih halus dan lebih sempurna, sehingga hampir mendekati warna asli
-Menghemat energy 40 persen dibandingkan televisi LCD dengan ukuran yang sama
-Bebas merkuri dan desain yang sangat tipis
-Harga TV LED sekitar 20 hingga 30 persen lebih mahal
-Kontras rasio dengan perbandingan yang cukup tinggi


LCD (Liquid Crystal Display) :
-Kualitas gambar bagus, tapi image bisa tampak ‘terbakar’ di display
-Harga antara $150-200 per tahun untuk pengoperasian sebuah LCD
-Mercury digunakan dalam proses manufaktur
-Harga lebih murah dibandingkan LED


Ukuran Monitor:
Ukuran monitor adalah panjang diagonal layar dalam satuan inci. Ukuran yang umum adalah 14”, 15”, 17”, 19” dan 21”. Semakin besar ukuran monitor maka tampilan akan lebih jelas namun harganya lebih mahal.


Resolusi Monitor:
Resolusi adalah ukuran banyaknya elemen gambar (pixel) dalam arah vertikal dan horisontal. Nilai resolusi umumnya adalah 800 X 600 (SVGA), 1024 X 768 (XGA) , 1280 x 1024 (SXGA) atau 1600 X 1200 (UXGA). Monitor modern umumnya dapat diset pada beberapa ukuran resolusi yang berbeda namun harus ditunjang oleh kemampuan dari video card.


Aspect Ratio (AR):
Ini adalah perbandingan panjang dan lebar monitor. Umumny, yg beredar d pasaran saat ini adalah Aspect Ratio 4:3, 16:10, dan 16:9. 4:3 adalah rasio paling tua, monitor dengan AR ini berbentuk nyaris persegi sempurna. 16:10 merupakan format widescreen pertama yg mampu menampilkan pandangan lebih luas. 16:9 merupakan lanjutan dari 16:10 dan mampu menampilkan gambar samping kanan-kiri lebih sempurna, dan merupakan AR pertama yg digunakan utk format High Definition (HD).


Contrast Ratio (CR):
Merupakan nilai perbandingan kemampuan monitor (terutama LCD) dalam menampilkan gambar gelap, segelap-gelapnya. Semakin tinggi perbandingannya, semakin bagus monitor dalam menampilkan warna gelap.
CR terbagi 2: Static dan Dynamic. Static adalah nilai pasti dari CR monitor. Nilai inilah yang benar-benar menunjukkan CR murni monitor, biasanya memiliki kisaran angka yang tidak terlalu besar. Sedangkan Dynamic merupakan nilai perkiraan CR (bukan nilai murni) yg dapat dicapai. Pada kenyataannya, monitor yang menunjukkan Dynamic CR hingga puluhan ribu (misal 40.000:1) ternyata hanya memiliki nilai static sebesar 800:1 s/d 1000:1 saja. Perhatikanlah hal ini dengan seksama ketika membeli monitor.

Sistem Kontrol:
Terdiri dari analog dan digital. Monitor digital memiliki sistem pengontrolan untuk brightness, kontras, ukuran dan posisi layar dengan tampilan menu sedangkan jenis analog memakai tombol putar.

LCD MONITOR

(Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5285238)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, komentar dan saran anda sangat saya hargai demi perkembangan blog ini.