ISTILAH-ISTILAH DALAM KOMPUTER

Bahasa atau istilah yang digunakan pada komputer terkadang membingungkan,apalagi untuk pemula atau yang baru belajar komputer. Biar tidak di cap “gaptek” (Gagap Teknologi) atau “lola” ( Loading Lambat), ada baiknya kita pelajari istilah-istilah yang sering digunakan pada komputer ini.


BIOS
Bios adalah singkatan dari Basic Input / Output System adalah merupakan kumpulan informasi motherboard dan juga merupakan software berisi perintah-perintah dasar. Fungsi utamanya adalah sebagai sarana komunikasi antara sistem operasi dengan hardware yang terpasang pada motherboard.

Bottleneck
Bottleneck bila diartikan secara bebas adalah leher botol. Jika diartikan secara 'kasar', artinya adalah penyempitan jalur. Bottleneck tidak seperti virus. Dia tidak berhubungan dengan system, meski akibatnya akan sangat berpengaruh pada system juga. Terjadinya bottleneck dalam sebuah PC atau komputer bisa mencegah kompter itu bekerja secara optimal, kondisi ini terjadi karena ada bagian tertentu pada komputer yang bekerja sangat lambat, sehingga mempengaruhi kondisi komponen yang lain. Atau, spesifikasinya tidak sebanding dengan peripheral yang lain. Hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi harus mengalah pada hardware yang 'lambat', karena harus menunggu agar proses yang dibebankan kepada si biang 'bottleneck' selesai. Otomatis dampaknya, berimbas pada kinerja system.

Clock Speed:
Istilah ini digunakan untuk menyatakan kecepatan dari sebuah prosesor atau komponen lainnya. Angka clock speed didapat dari perkalian multiplier terhadap FSB. Semakin tinggi clock speed, maka semakin tinggi kinerja yang dihasilkan oleh prosesor atau komponen hardware tersebut. Satuan yang digunakan biasanya adalah megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz). Biasanya disebut juga sebagai kecepatan eksternal dari sebuah prosesor.

CMOS
Singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor, merupakan komponen berbentuk IC (integrated circuit) yang berfungsi menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan settingan yg anda tentukan selama baterai yang mendayainya masih bekerja.

Heat Pipe:
Salah satu jenis komponen pendingin yang digunakan di komputer yang berbentuk pipa logam. Ujung yang satu berfungsi sebagai penyerap panas, kemudian mengalirkannya ke ujung lain untuk didinginkan. Pada sisi pendinginan, biasanya dipasang sirip–sirip alumunium tipis guna mengoptimalkan proses pendinginan tersebut

Heatsink (HSF):
Komponen yang diletakkan di atas prosesor. Fungsinya adalah menyerap panas yang dihasilkan saat prosesor bekerja. Biasanya sebuah heatsink dilengkapi sebuah kipas untuk menjaga agar suhu prosesor tetap stabil.

Overclocking (OC):
Overclock adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada cara untuk membuat suatu perangkat untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat tersebut. Prinsipnya adalah membuat performa lebih tinggi. Tetapi perlakuan ini beresiko menyebabkan kestabilan sistem yang berkurang sampai rusaknya komponen computer yang diOC. OC biasanya dipraktekkan oleh para pengguna PC untuk "memaksa" periferal komputer bekerja diatas kemampuan standar yang ditentukan pabrikannya dengan tujuan akhir untuk meningkatkan performa kerja komputer. Namun, OC PC ini, selain membuat perangkat sistem menjadi tak stabil, dapat membuat kerusakan pada perangkat keras, terutama motherboard dan prosesor. Menurunnya tingkat kestabilan PC karena OC bisa disebabkan oleh buruknya kualitas PSU, memory, dan atau motherboard. Untuk menghindari ketidakstabilan tersebut cobalah untuk mengganti PSU dengan kualitas dan daya yang memadai, memory dengan kualitas baik dan dapat diandalkan, motherboard yang bagus dengan bios yang lengkap. Untuk perangkat keras dengan kualitas memadai dan bagus untuk diOC tidak selalu berharga mahal. OC pada umumnya akan merusak peralatan yang dimiliki, atau memperpendek umur hardware. Namun apabila dilakukan dengan benar dalam taraf optimal, maka umurnya tidak akan sependek umur seperti apabila ‘disiksa’ terus-menerus. Namun pada dasarnya tetap saja memperpendek umur walau sedikit. Maka berhati-hatilah apabila ingin melakukan OC karena para vendor komputer tidak memberikan garansi untuk kerusakan akibat OC.


UPS (UNINTERRUPTIBLE POWER SUPPLY)
Merupakan peralatan listrik yang fungsi utamanya adalah untuk menyediakan listrik tambahan pada bagian tertentu dari komputer, seperti monitor, CPU, atau bagian lain yang penting untuk mendapatkan asupan listrik secara terus-menerus. Selain menyediakan listrik tambahan saat listrik mati, UPS juga berperan sebagai alat untuk menstabilkan tegangan listrik yang mengalir ke komputer atau peralatan listrik lain sehingga bebas dari tegangan yang naik atau turun yang dapat merusak peralatan komputer. PSU komputer membutuhkan arus listrik AC, sedangkan arus listrik dari baterai adalah DC. Oleh karena itu, di dalam UPS terdapat Inverter yang mengubah arus DC dari baterai menjadi arus AC. Di dalam UPS juga terdapat Rectifier yang mengubah arus AC dari main power menjadi arus DC untuk mengisi baterai pada saat main power bekerja. UPS ada beberapa jenis, lihat disini.


MONITOR
Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan untuk menilai kemampuan grafis. Ada banyak cara untuk menggolongkan monitor. Tetapi cara yang paling sering digunakan adalah dengan melihat kemampuan dari warna yang dihasilkan monitor tersebut. Penjelasan lebih jauh tentang Monitor,dapat anda lihat disini.


POWER SUPPLY UNIT (PSU)
Komponen yg sering diremehkan & dikesampingkan oleh pengguna komputer awam. PSU ibarat jantung bagi tubuh kita, komponen inilah yang memasok listrik ke semua komponen yang lain, seperti halnya manusia yg membutuhkan darah yg bagus dr jantung, maka komputer jg membutuhkan aliran listrik yg bagus (pure). Biasakan utk tidak memakai PSU bwan casing atau merk abal2, karena PSU bwan casing atau merk abal2 memiliki kualitas kurang baik dapat menghasilkan tegangan DC yang tidak rata dan banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan kerusakan pada komponen komputer, misalnya Harddisk.


OPTICAL DRIVE (ODD)
Gunanya untuk membaca (dan pada beberapa jenis, juga untuk menyimpan) data dalam bentuk CD atau DVD.


HARD DISK (HDD)
Merupakan media penyimpanan data secara permanen dan bisa kita akses kapan saja kita mau. Kapasitasnya diukur dalam satuan Giga Bytes.

VGA Card (VGA)
Komponen yang khusus mengolah tampilan grafis yang akan ditampilkan di layar monitor. Pada beberapa jenis motherboard, komponen ini sudah terintegrasi. Kualitas gambar yg dihasilkan oleh komputer kita sangat ditentukan oleh VGA card. (Baca juga komponen-komponen pada VGA)


MEMORY (RAM/RANDOM ACCESS MEMORY)
Secara umum RAM adalah tempat menyimpan sementara segala macam proses dan data. Kapasitasnya diukur dengan satuan Mega Bytes (MB) atau Giga Bytes (GB). Lanjut tentang RAM disini.


PROCESSOR (PROCIE)
Processor (Procie) : Ini adalah "otak" dari sebuah komputer. Kecanggihan sebuah komputer diukur dari seberapa canggih processornya. Semua pekerjaan yang anda lakukan pada komputer anda dilakukan secara langsung atau tidak langsung oleh prosesor. Processor adalah sebuah unit yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor. (baca Spesifikasi pada Prosesor)
Bentuknya memang seperti "papan" dengan banyak sekali komponen elektronik. Semua komponen dari komputer akan terhubungkan ke motherboard ini. Motherboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard serta mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Pada Motherboard terdapat socket untuk processor, memory dan slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.(Spesifikasi Motherboard)


(Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5285238)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, komentar dan saran anda sangat saya hargai demi perkembangan blog ini.