APA ITU ALEXA RANK DAN APA KEGUNAANNYA

Sebagai blogger pemula atau yang sering disebut dengan istilah “newbie”, pasti bingung dengan hal yang bernama “Alexa”. Begitu juga saya, yang awalnya gak ngerti apa itu Alexa Rank dan apa gunanya buat website atau blog.

Setelah browsing sana-sini, Tanya-tanya sama mbah Gugel, akhirnya saya mulai ngerti kalau ternyata Alexa Rank sangat bermanfaat untuk perkembangan suatu blog atau website.

Alexa Rank atau Rangking Alexa adalah peringkat yang diberikan terhadap suatu website/blog berdasarkan trafik atau banyaknya pengunjung.  Karena data trafik atau pengunjung yang diperoleh Alexa diambil dari Toolbar Alexa yang dipasang di setiap browser pengguna internet. Tapi selain trafik, ada juga beberapa faktor lain yang berpengaruh dalam meningkatkan ranking Alexa.

Berbeda dengan PageRank, Alexa Rank atau Rangking Alexa setiap website/blog berbeda-beda. Ranking alexa suatu website/blog bisa sampai puluhan juta. Semakin sedikit angka yang terdapat pada Alexa Rank, berarti peringkat peringkat Alexanya semakin tinggi. Ini tentunya kebalikan dari Page Rank yang semakin tinggi peringkatnya,akan semakin tinggi pula nilai Page Rank nya.

Alexa Rank bisa membangun pamor dan menunjukkan kepopuleran website / blog. Selain itu, jika website/blog  yang memiliki peringkat Alexa yang sangat tinggi, maka pemiliknya  sudah bisa disebut sebagai seorang webmaster.

Lantas apa gunanya memiliki Alexa Rank yang tinggi?

Sebagai blogger, baik itu yang sudah senior apalagi yang masih pemula, pasti menginginkan perkembangan yang lebih baik terhadap blog yang dikelolanya. Apalagi sampai bisa menghasilkan uang dari nge-blog, ini tentunya jadi impian para blogger  mania dimanapun (seperti saya..hehe)

Nah untuk menuju kea rah itu, Alexa Rank sangat bermanfaat karena :
  1. Banyak yang ingin memasang iklan berbayar.
  2. Memenuhi syarat pada situs-situs tertentu, seperti paid review.
  3. Mendapatkan penghasilan yang lebih dari adsense, seperti pada ppcindo.
  4. Membangun kredibilitas terhadap website Anda.
  5. Website Anda akan lebih dipandang dan tampak lebih profesional.
Oleh sebab itu, kita tentunya perlu meningkat peringkat Alexa pada website/ blog kita. Dan perlu kita tau Alexa Rank tidak hanya berdasarkan trafik atau jumlah pengunjung saja, tapi ada beberapa factor lain yang dapat mempengaruhi meningkatnya peringkat Alexa. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan peringkat alexa dapat sobat baca di sini.

Mungkin ada teman-teman yang bisa membagi ilmunya, bagaimana cara meningkatkan Alexa Rank? Tulis atau tinggalkan pesan di kolom komentar. 

Buat yang belum dan ingin memasang Widget Alexa Rank, bisa ikuti caranya di sini.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, komentar dan saran anda sangat saya hargai demi perkembangan blog ini.