Beberapa Hal Penyebab Komputer Crash

Pernah ngalamin masalah begini gak? Tiba-tiba komputer error,blank atau muncul layar berwarna biru atau sering disebut dengan istilah Blue Sreen Of Death (BSOD) seperti gambar disamping ini. Ini yang disebut dengan “crash.”
Para pemakai komputer mungkin sudah tidak asing lagi dengan komputer yang crash, dan bagi pemakai OS Windows biasanya akan tampil Blue Screen of Death (BSOD) bila terjadi crash pada komputer.
Sebelum hal ini terjadi dengan komputer kamu, sebaiknya kamu tahu beberapa penyebab yang bisa membuat komputer crash.
1.Hardware Conflict
Ini biasanya terjadi bila pada komputer kita terdapat banyak hardware yang terpasang, baik internal ataupun external semisal Printer, Scanner, Tv Tuner dan lain-lain.
2.RAM (random-access memory) yang jelek
Ram yang jelek bisa mengakibatkan BSOD dengan pesan Fatal Exception Error. Hal ini terjadi bila module ram yang terpasang pada komputer kita tidak sesuai dengan Motherboard. Atau anda menggunakan 2 buah Ram yang spesifikasinya berbeda.
3. Pengaturan BIOS
Bila anda kurang familiar dengan BIOS, jangan pernah merubah settingan yang ada, karena ini dapat mengakibatkan komputer anda crash. Atau bila anda ingin merubahnya, saran saya catat dulu settingan sebelumnya agar bilamana terjadi crash settingan tersebut bisa anda kembalikan.
4.Hard Disk
Hard disk biasanya hardware yang sering membuat sistem komputer kita menjadi crash. Ini disebabkan adanya Bad Sector dan banyak fragmented file pada hard disk tersebut. Untuk mengatasi bad sector sepertinya susah-susah mudah karena walaupun bad sector tersebut bisa dihilangkan namun lambat laun bad sector tersebut akan kembali lagi. Sedang untuk menghilangkan fragmented file untuk OS windows silahkan anda pergunakan tool bawaan windows itu sendiri yang bernama Disk Defragmenter.
5.Virus
Sudah tidak asing lagi dengan namanya virus :). Sebagian besar pengguna komputer yang menggunakan OS Windows mungkin sudah mengalami terinfeksi oleh virus. Untuk mencegahnya gunakan selalu anti virus yang terupdate pada komputer anda.
6.Printer
Ternyata printer juga bisa menyebabkan crash pada sistem komputer kita. Ini dikarenakan terlalu besarnya data yang akan dicetak. Printer mempunyai memory kecil yang dikenal dengan buffer. Dan buffer ini juga bisa menjadi overload saat akan mencetak sebuah file yang sangat besar misalnya. Dan tentu saja hal ini mengakibatkan komputer kita jadi super lambat dan juga bisa mengakibatkan crash. Dan setelah crash tersebut data yang ada di buffer printer masih belum hilang. Cara untuk menghilangkannya adalah dengan mencabut printer dari komputer lalu matikan dan nyalakan kembali.
7.Software
Software yang tidak kompatibel dengan sistem komputer kita juga bisa menyebabkan crash. Walaupun mungkin error yang disebabkan oleh software bisa diatasi dengan cara uninstall software tersebut, namun ada baiknya anda juga menggunakan tool system restore pada windows. Ini dimaksudkan untuk menjaga bila ternyata software yang di install mengakibatkan error atau crash pada sistem komputer kita.
8.Overheating (Panas berlebih)
Overheating atau panas yang berlebih pada CPU biasanya terjadi dikarenakan kipas pendingin Prosessor tidak berputar atau biasanya juga terjadi pada CPU yang telah di overclock hingga menyebabkan kernel error.
9.PSU (Power Supply Unit)
PSU yang sudah drop bisa mengakibatkan crash juga. Ini dikarenakan mungkin usianya yang sudah tua atau memang sudah tidak mampu lagi memberikan supply pada komputer kita. Agar hal tersebut tidak terjadi, bila ada dana lebih, gunakan UPS(uninterrupted power supply) untuk PSU komputer anda.
Nah , itu beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer kamu crash..kalau masih ada penyebab lain yang kamu ketahui, kamu dapat membaginya dengan meninggalkan tulisan di kotak komentar di bawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, komentar dan saran anda sangat saya hargai demi perkembangan blog ini.